Kamis, 01 Desember 2011

pertemuan 7

Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
  1. Mengidentifikasi program
  2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
  3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Macam-macam Perangkat Lunak
Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
  1. Sistem Operasi (Operating System),
  2. Program Aplikasi (Application Programs),
  3. Bahasa Pemrograman (Programming Language),
  4. Program Bantu (Utility)
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
  • Menyimpan program dan aksesnya
  • Membagi tugas di dalam CPU
  • Mengalokasikan tugas-tugas penting
  • Merekam sumber-sumber data
  • Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
  • Memeriksa kesalahan sistem
  • Multitugas pada OS/2″, Windows ‘95″, Windows ‘98″, Windows NT”, /2000/XP
  • Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
2. Program Aplikasi (Aplication Programs)
Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.
3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
  • Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
  • Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
  • Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++
4. Program Bantu (Utility)
Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
  • Norton Utility
  • Winzip
  • Norton Ghost
  • Antivirus

PENGERTIAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER


Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Secara umum, perangkat lunak (software) dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman dan Perangkat Lunak Aplikasi.

1. SISTEM OPERASI

a. Pengertian Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara
pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing- masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu
negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik

yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

b. Sejarah Sistem Operasi
Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami
perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:
Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekali gus) dan multi- programming (melayani banyak program sekali gus).
Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer- komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

c. Macam-Macam Sistem Operasi
Sistem Operasi jenisnya banyak sekali, kita tinggal memilih jenis apa yang akan digunakan di komputer kita. Mulai dari yang berlisensi sampai dengan yang gratis (open source), diantaranya adalah :
1. DOS
2. Windows, beberapa versi windows : Windows 95
Windows 98
Windows 2000 Profesional
Windows 2003
Windows XP Windows Vista
3. Linux, macam-macam distro linux :
Redhat Fodore Core Mandrake Suse Knoppix
Ubuntu/Edubuntu
4. Apple System
5. Machintos

2. PERANGKAT LUNAK BAHASA (LANGUAGE SOFTWARE)

Perangkat Lunak Bahasa (Language Program), yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer.
High Level Language (Bahasa Tingkat Tinggi)
Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siapa saja yang mau belajar, karena bahasa ini dibuat dengan menggunakan bahasa manusia sehari-hari. Bahasa tingkat tinggi saat ini biasa dimanfaatkan untuk membuat program-program aplikasi berbasiskan bisnis ataupun berbasiskan sains. Contoh dari bahasa tingkat tinggi adalah : Basic, dBase, Cobol, Pascal, C++, Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, PHP, dan masih banyak yanga lainnya.

3. PERANGKAT LUNAK APLIKASI

Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer kita. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :

a. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat
oleh seorang programmer yang disesuaikan dengan
kebutuhan seseorang ataupun untuk kebutuhan suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman. Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah :
Program penggajian karyawan (Payroll) Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut Program kasir
Program billing warnet/wartel

b. Program Paket
Program paket merupakan program khusus dalam paket- paket tertentu yang dibuat oleh software house ataupun
langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi. Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi paket, yaitu :
Program pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dll.
Program pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft
Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll. Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power
point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel
Presentation, Apple Work, dll.
Program design grafis, contohnya adalah : Adobe
Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dll.
Program browser, contohnya adalah : Internet Explorer,
Modzilla Firefox, Opera, Netscape Communicator.
Program database, contohnya adalah : Microsoft Access,
Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dll.
Program animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dll.
Program multimedia, contohnya : Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player, DVD Player,

Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak

7 months ago
×
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak - Document Transcript
  1. Rekayasa Perangkat Lunak BAB I. PENDAHULUAN Software merupakan perangkat yang penting dalam kehidupan teknologimanusia, tentunya sebuah software harus didukung dengan hardware, dan brain ware.Sebuah software dapat meringankan kinerja manusia dalam aktifitas kerjanya. Keamanan, kata adalah hal yang sangat penting didalam kehidupan kita,adapun demikian bisa lebih maju jika tingkat keamanannya tinggi dan semua itu akanterjadi jika tingkat kesadaran dan kedisiplinan manusia terpelihara. Dari pernyataan diatas kami coba hubungkan dengan keamanan terhadapkendaraan, untuk itu kami membuat suatu sistem yang dapat membuat penggunakendaraan akan merasa aman dan tenang bila akan memarkirkan kendaraanya. Untuk membuat sistem parkir yang aman dan tertib, itu akan terlihat mudahtetapi pada kenyataannya pekerjaan ini merupakan tenggung jawab yang besar danrumit, untuk itu kami mencoba menguraikan kedalam laporan ini. Penulisan dokumenini dimaksudkan agar dapat memenuhi kebutuhan dan menjelaskan apa yangdiperlukan danmampu menjawab keperluan dari sistem parkir.1.1 Tujuan Penulisan Dokumen  Untuk memberikan gambaran dari sistem parkir yang akan dibuat.  Untuk memperjelas kebutuhan sistim parkir.  Untuk membangun dasar dari design sistim parkir yang akan dibuat.  Untuk membuat sistim parkir yang aman dan tertib.1.2 Lingkup Masalah Untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang sistim dan SPKLdari yang dikaji, serta lebih mengarah pada pembanguna sistem yang akan dibangun,maka pada pembahsan pada makalah ini dibatasi pada lingkup  Sistem parkir dan kebutuhannya  Analisa kebutuhan dari sistem parkir  Penerapan hardware dan sofware pada sistem parkir 1
  2. Rekayasa Perangkat Lunak1.3 Definisi Akronim dan SingkatanDefinisi dan istilah yang akan digunakan pada dokumen ini antara lain : 1. Pelanggan adalah orang atau organisasi yang membayar produk, dan biasanya (tidak harus) ia yang akan memutuskan kebutuhannya. 2. Pengembang adalah orang yang menghasilkan produk untuk pelanggan. 3. Pengguna adalah orang yang akan langsung menjalankan atau menggunakan produk. Pengguna dan pelanggan umumnya adalah orang yang sama. 4. SKPL adalah Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak. 5. SRS adalah Software Requirement Specification. 6. DFD adalah Data Flow Diagram. 7. ERD adalah Entity Relationship Diagram. 8. STD adalah State Transition Diagram. 9. DBMS adalah Data Base Management System.1.4 Referensi Berikut adalah berbagai sumber yang didapatkan untuk digunakan sebgaipanduan bagi penulis untuk menyelesaikan penulisan dokumen ini, yang anatara lain : 1. Pressman Roger S, Software Engineering, A Practitioner is Approach, 3th Ed, Mc Graw-Hill, 1992. 2. Summer ville, Software Engineering, Adition Wesley, 1995. 3. Yourdan Edward, Modern Structure Analysis, Prentise hall, 1989.1.5 Dekripsi Umum Dokumen Pada pembahasan dokumen SKPL ini, akan sedikit dijelaskan mengenai carakerja perangkat lunak yang akan dibuat. Cara kerjanya yaitu dengan cara mencatatkanatau memasukan nomor kendaraan yang masuk yang secara bersamaan secaraotomatis pada waktu pencatatan nomor kendaraan, maka waktu kendaraan tersebutyang masuk akan tercatat dari mulai jam, menit, dan detik. Yang kemudian catatanwaktu tersebut akan dihitung pada saat kendaraan yang parkir akan keluar.Perhitungan yang dilakukan yaitu perbandingan antara waktu keluar dikurangi denganwaktu masuk. Maka jumlah selisih waktu tersebut akan dikalikan dengan harga tarifjasa parkir perjam yang kemudian akan menghasilkan jumlah tarif jasa parkir yangharus dibayar oleh pelanggan. 2
  3. Rekayasa Perangkat Lunak BAB II DESKRIPSI GLOBAL PERANGKAT LUNAK Transportasi merupakan salah satu aspek yang penting dari kehidupan danmenjadi hal yang pokok demi kemajuan kehidupan. Dewasa ini peningkatan dalambidang transportasi makin besar seiring dengan kemajuan teknologi serta minat oranguntuk memiliki sebuah alat transportasi. Hal ini pula menimbulkan masalah barudalam kehidupan seperti kemacetan, ketertian dan sebagainya. Pada umumnya sebuah organisasi ataupun perusahan yang besar mempunyaisatu atau lebih alat transportasi sebagai contoh sebuah perusahan memerlukan alattransportasi bus untuk menjemput kariawannya supaya tidak telat untuk berkerja. Yang dibutuhkan sebuah alat transportasi salah satunya adalah lahan parkir.Tetapi dengan meningkatnya kebutuhan alat transportasi lahan parker pun menjadisulit ditemukan apalagi di sebuah kota yang besar. Contoh sebuah departemen storemembutuhkan lahan parkir agar para pengunjung bias memarkir kanalat transportasimereka didekat departemen store tersebut. Hal ini merupakan suatu keharusanbahkan menjadi hal yang wajib sebagai sarana dari sebuah departemen store. Dengan perancangan sistem parkir ini diharapkan dapat memaksimalkan lahanparkir yang ada, membuat para penguna dari sistem parkir menjadi tertib aman danterkendali.2.1 Perspektif Produk Sistem parkir yang akan dibuat diharapkan dapat memenuhi keinginanpelangan agar menimbulkan kesan nyaman aman. Sistim parkir yang akan dibuatmeliputi hardware seperti alat untuk membuka gerbang parkir, mesin print tiket,tempat kasir masuk dan keluar. Agar memaksimalkan kinerja dari hardwaremembutuhkan software yang tepat juga seperti software untuk membuat tiket parkirdan software pembayaran tiket parkir.2.2 Fungsi Produk Agapun produk pembangunan sistem parkir ini membuat tertib kendaraanpelangan, memaksimalkan lahan parkir yang ada, mendapatkan keuntungan bagipihak pembangun ataupun pihak pelangan. 3
  4. Rekayasa Perangkat Lunak2.3 Karakteristik Pengguna Untuk menjalankan software ini dibutuhkan seorang operator yang dapatmenjalankan dan mengerti bagaimana system software ini bekerja, dan juga bisamelayani pelanggannya dengan baik.Hak – hak yang dapat dilakukan terhadap software : 1. Menginput (memasukkan) data pelanggan seperti : Plat nomor pelanggan, no pelanggan, jam masuk dan keluarnya pelanggan. 2. Membuka dan menutup gerbang parkir.Berikut adalah contoh tabel yang digunakan sebagai pengungkapan karakteristikpengguna : Pengguna Tanggung Hak Tingkat Tingkat Pengalaman jawab Akses Pendidikan Keterampilan Operator 1 Memasukan Memasukkan data Min D1 Bisa Menguasai data ke dalam no. kendaraan mengoperasikan sedikit ttg komputer kemudian perangkat lunak bahasa dengan cepat memprint yang dijalankan pemrograman dgn cepat Operator 2 Memasukkan Menscan waktu Min D1 Bisa Menguasai data kedalam masuk parkir mengoperasikan sedikit ttg komputer untuk diolah oleh perangkat lunak bahasa dengan cepat PL yang dijalankan pemrograman dgn cepat.2.4 Batasan-batasan Batasan-batasan dari hardware yang akan dibuat agar bilaterjadi kesalahan-kesalahan misalnya:  Bila jaringan antara komputer masuk komputer keluar terjadi error terjadi pada satu komputer.  Bila terjadi pemadaman listrik maka komputer akan padam dan menyebkan jaringan komputer akan terputus2.5 Asumsi dan Ketergantugan Sistem parkir yang akan dibuat agar dapat membantu dan menertibkansehinga dapat tercipta keadaan yang kondusif, tetapi ada faktor-faktor yang dapatmengakibatkan system yang dibuat dapat di dilanggar ataupun sistem tidak bekerja. 4
  5. Rekayasa Perangkat LunakHal ini diakibatkan karena sistem yang berkerja saling kebergantungan dengan antarahardware dan software yang ada sebagai berikut : Software yang akan dibuat untukmencetak tiket parkir tidak akan ada bila sistem oprasi yang diperlukan tidak ada. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan yang dinyatakan pada SKPL iniadalah spesifikasi pada perangkat keras yang digunakan. Yang antara lain sepertisebuah PC atau komputer untuk mengolah data yang dimasukkan, sebuah printeruntuk mencetak hasil pengolahan data berupa karcis parkir, dan kertas sebagai mediahasil cetak sebuah program yang bernama “MySoft Professional versi 2.3 forWindows” untuk menjalakan aplikasi perangkat lunak yang dibuat. Tanpa semua haltersebut maka perangkat lunak yang dibuat tidak akan berjalan 5
  6. Rekayasa Perangkat Lunak BAB III. Dekripsi Rinci Kebutuhan Pada dasarnya sistem yang kami buat hanya menanyakan atau menuliskan platkendaraan dan mengolongkannya tetapi begitu si operator menekan tombol printmaka otomatis waktu masuk kendaran serta tempat kendaraan parkir terprint. Untukpencarian lahan parkir yang tersedia komputer masuk akan tersambung ke komputerkeluar untuk mencari tempat lahan parkir yang kosong maka daripada itu didalamProject ini membutuhkan seperangkat komputer, operator, printer, lahan parkir, pintuparkir, pos parkir.Kebutuhan input (masukkan) :  Data pelanggan (input)  Jenis kendaraan  No platkendaraan  Biaya parkir  Pewaktuan (timing)Kebutuhan output (keluaran) :  Tiket parkir  Letak parkir  Data pelanggan (output)3.1 Kebutuhan antarmuka eksternal Disini karakteristik logis dari setiap antarmuka antara produk perangkat lunakdan penggunanya harus dipahami oleh si pengguna. Dimana sipengguna harusmenyesuaikan baik dari karakteristik konfigurasinya (misalnya standar format layar,tataletak windows, isi laporan/menu –bukan tata letak tiap layar layar/windowsnyasendiri –atau ketersediaan kunci khusus atau jenis mouse) untuk memenuhi kebutuhansistem. Disini pula si pengguna harus dapat mengoperasikan perangkat lunak yangdibuat dengan cepat dan seefisien mungkin. 6
  7. Rekayasa Perangkat Lunak3.1.1 Antarmuka pemakai Keperluan yang dibutuhkan antara perangkat lunak dan penggunanya dalamini si operator adalah tempat operator dimana dibutuhkan lan sendidiri berupa pos danpos ini terbagi menjadi dua diantaranya:- Pos masuk (operator 1): Tempat masuk kendaraan dimana kendaraan diminta untuk mengambil tiket parkir setelah operator memasukan data no plat kendaraan dan memprinnya sebagai tiket parkir yang akan di ambil oleh penguna kendaran selain itu operator membukakan palangpintu mekanik untuk jalan masuk kendaraan.- Pos keluar (operator 2): Tempat keluarnya kendaraan yang akan keluar dari lahan parkir dimana pengendara di minta menunjukan tiket parkir dan mencocokannya dengan plat nomer kendaran pemilik tiket dan memproses berapa uang yang harus dibayar oleh penguna jasa parkir. Sesudah membayar operator akan membuka palang pintu keluar untuk memberi jalan kepada penguna kendaraan.3.1.2 Antarmuka perangkat keras Keperluan yang dibutukan sistem parkir yang dibuat adalah:Mesin print: Adalah alat untuk mencetak tiket parkir untuk penguna kendaraan.Komputer: Adalah alat untuk menghitung dan sebagai penempatan software yangdiperlukan.Palang pintu: Adalah alat untuk menjaga dan memberi jalan bagi penguna kendaraan.Lahan parkir: Adalah tempat menyimpan (memparkir) kendaraan.3.1.3 Antarmuka perangkat lunak kebutuhan yang diperlukan software untuk mendukung sistim parkir iniadalah:Sistim oprasi: Adalah software untuk mendukung program atau software lain yangakan dibuat misalkan widows3.1.4 Antarmuka komunikasi Agar sistem parkir yang dibuat dapat beriteraksi satu sama lain dibutuhkansatu jaringan antara komputer masuk dan keluar. Ini dibutuhkan karena data yangakan diproses di komputer keluar ada di komputer masuk dan ini tida bisa ditolerilsebagai contoh dalam pembangunan sistem parkir ini adalah dua buah work station 7
  8. Rekayasa Perangkat Lunak(komputer) sebagai sarat hubungan atar work station itu di butuhkan kartu eternetNIC, konektor RJ45 kabel UTP.3.2 Dekripsi FungsionalKebutuhan fungsional perangkat lunak akan jelaskan atau digambarkan dengansebuah diagram konteks dibawah ini : Kendaraan -J.kendaraan -P.Nomor -Waktu masuk/keluar Sistem -P. Nomor -J. Kendaraan Operator 2 Parkir Operator 1 -Uang Tiket -P. Nomor -Data -J. Kendaraan KendaraanIlustrasi pada diagram konteks :Kendaraan diam didepan palang pintu parkir, lalu operator 1 mencatat nomor platkendaraan dan menggolongkan jenis kendaraan dalam hal ini motor/mobil. Setelah ituoperator 1 memprint tiket/karcis yang secara otomatis dimasukkan kedalamdatabasenya.3.2.1 Aliran informasiBagian ini akan mencantumkan serta menguraikan DFD level 0 yang merupakanlanjutan dari diagram konteks. (Gambar Diagram DFD Level 0 Sistem Parkir). Operator 1 Kendaraan Operator 2 Data kend Data kend Data lokasi Data kend Data kend Data lokasi Uang tiket Data lokasi 1 2 Parkir Data Ken- DK daraan 8
  9. Rekayasa Perangkat Lunak3.2.1.1 DFD Level 1 Operator 1 Operator 2 Kendaraan 1.1 1.2 1.3 Pencatatan Pemeriksaan ADM DK yg masuk DK yg keluar Kendaraan Pembayaran Parkir Data Kendaraan Data Tagihan parkir Data Kendaraan 1.4 Perhitungan Tagihan parkir Gambart Diagram DFD Level 1 (Sistem Parkir)3.2.2 Dekripsi proses Uraian deskripsi proses yang sudah tidak dapat didekomposisi lebih jauh lagiakan diberikan gambaran kebutuhan fungsional dengan jelas pada sub bab berikutdibawah ini.3.2.2.1 Proses1Deskripsi proses akan memberikan solusi mengenai gambaran kebutuhan fungsionaldengan jelas yang tercakup di bawah ini : 1. Validasi terhadap masukkan. Jika mengalami validasi pada saat memasukkan data, maka si operator harus mengulangi proses pemasukan tersebut. Apabila proses tersebut masih mengalami validasi, maka operator harus melakukan proses restart. Apabila proses tersebut masih mengalami validasi, maka operator harus melakukan proses update pada data perangkat lunak tersebut (repair all) dengan perangkat lunak yang telah disediakan untuk menangani proses error. 9
  10. Rekayasa Perangkat Lunak 2. Urutan pasti dari operasi. Disini urutan pasti dari operasi tidak dijadikan sumber utama yang harus dilakukan, akan tetapi disini hanya mengikuti proses yang ada. Jadi apabila perangkat lunak mengalami error, maka proses yang pertama dilakukan tidak harus dari proses urutan pertama tapi langsung melakukan proses penanganan secara langsung. 3. Tanggapan atas situasi abnormal termasuk overflow, fasilitas untuk komunikasi atau penanganan kesalahan (error handling) dan pemulihan (recovery). Pada saat sebelum diserahkan perangkat lunak tersebut kepada pengguna, si pengembang sudah melakukan antisipasi untuk menangani kalau-kalau nanti akan terjadi error data. Maka pengembang telah membuat perangkat lunak yang berfungsi untuk menngani masalah yang akan terjadi dan melakukan pemulihan dengan cara meng-update data yang ada. Dengan cara tersebut kemungkinan akan bisa menangani kesalahan atau erro yang akan terjadi. 4. Efek dari keberadaan dan nilai parameter. 5. Hubungan antara keluaran ke masukan, termasuk urutan masukan/keluaran, atau formula untuk konversi masukan ke keluaran. Disini hubungan antara masukan dan keluaran akan diproses melalui database yang ada. Dimana database tersebut akan mengolah semua proses yang harus dilakukan.3.2.2.2 Proses 2 dan seterusnya Pada proses kedua tidak beda jauh dengan proses pertama. Dari segi prosespenanganan serta proses pemulihan akan sama seperti proses pertama. Akan tetapiapabila proses pertama masih mengalami kendala pada perangkat lunak, maka akandilakukan proses format data yang mana akan melakukan proses dari awalpembuatan/penginstalan perangkat lunak hingga perangkat lunak tersebut siap untukdigunakan kembali oleh pengguna.3.3 Dekripsi Data Kebutuhan ini akan menspesifikasi kebutuhan logis untuk setiap informasiyang diletakan ke basisdata. Kebutuhan data ini akan digambarkan dengan 10
  11. Rekayasa Perangkat Lunakmenggunakan diagram entity / Entity Relationship Diagram dan dilengkapi denganskema relasi.  ERD. Data Kendaraan : Data Lokasi Parkir : Jenis Kendaraan : Blok / Nomor lokasi parkir : No. Kendaraan : A-n / 1-n Lokasi parkir : Waktu masuk :  Skema relasi. Antara kendaraan dengan lokasi parkir. - Setiap kendaraan pasti menempati pada satu tempat parkir. Menempati satu Tiap Kendaraan Tempat parkir - Setiap tempat parkir pasti ditempati oleh banyak kendaraan. Ditempati banyak Tiap Tempat parkir Kendaraan3.3.1 Data 1 Disini akan menguraikan satu per satu entity, relationship atau representasidata yang dibuat.Entity yang digunakan adalah : 1. Data Kendaraan. 2. Data Lokasi Parkir.Atribut yang digunakan pada entity di atas adalah : 1. Pada Data Kendaraan : - Jenis Kendaraan. - Nomor Kendaraan. - Lokasi Parkir (dihubungkan dengan entity Data Lokasi Parkir). - Waktu Masuk. 2. Pada Data Lokasi Parkir : - Blok (A-n) / serta Nomor Lokasi Parkir (1-n). 11
  12. Rekayasa Perangkat LunakKamus data dapat dinyatakan dengan tabel sebagai berikut : Nama Representasi Data Kendaraan Jenis kendaraan, Nomor kendaraan, Lokasi parkir, Waktu masuk parkir Data Lokasi Parkir Lokasi parkir, Blok (a-n), Nomor lokasi parkir (1-n)3.3.2 Data 2 dan seterusnyaProses data kedua sama seperti proses data kedua.3.4 Dekripsi Kebutuhan Non Fungsional Bagian ini akan menspesifikasi ukuran kuantitatif yang harus dipenuhi olehperangkat lunak. Diantaranya dijelaskan dalam sebuah tabel : Kriteria Kebutuhan Tuntutan Kebutuhan Performansi 95 % transaksi harus diproses dengan cepat. Batasan Memori Min 64 Mb s/d 512 Mb (max) Modus Operasi Menggunakan MySoft Professional versi 2.3 for Windows, dan software lain yang mendukung perangkat lunak tersebut. Adaptasi Situs / Ergonomi Proses perangkat lunak harus dibuat secara praktis, cepat, mengurangi kejemuan, mutakhir dan akurat setiap saat.3.5 Atribut Kualitas Perangkat Lunak Ada sejumlah atribut kualitas perangkat lunak yang dapat ditampilkan sebagaikebutuhan. Atribut yang digunakan antara lain : 12
  13. Rekayasa Perangkat Lunak3.5.1 Keandalan Spesifikasi faktor-faktor yang diperlukan untuk mencapai keandalan sistempada saat diserahkan adalah :  Perangkat lunak maupun perangkat keras telah lulus uji dalam ketahanan.  Telah di check ulang bahwa semua perangkat lunak yang akan digunakan tidak akan mengalami error.  Telah disiapkan suatu cara untuk mengantisipasi apabila perangkat lunak tiba- tiba mengalami error.3.5.2 Ketersediaan Spesifikasi faktor-faktor yang diperlukan untuk menjamin tingkat ketersediaanseluruh sistem saat sistem beroperasi, seperti checkpoint, recovery, dan restart sudahdisediakan dalam perangkat lunak yang dibuat.3.5.3 Keamanan Untuk memproteksi perangkat lunak dari akses, penggunaan, pengubahan,penghancuran atau pengungkapan (disclosure) yang tidak disengaja atau yangmerusak maka harus dibuat suatu password user yang mana akan lebih mengamankanbaik perangkat lunak maupun system yang ada. Selain sistem pengamanan denganmenggunakan password, pembagian penggunaan setiap spesifikasi kebutuhan punharus dibagi setiap bagiannya seperti :  Penggunaan teknik kriptografi.  Penyimpanan data log/hystory.  Pemberian suatu fungsi ke modul-modul yang berbeda.  Pembatasan komunikasi terhadap suatu area tertentu dalam program.  Pemeriksaan integritas data untuk peubah-peubah kritis3.5.4 Kemerawatan Pada dasarnya sistem yang kami buat hanya menanyakan/menuliskan platnomor pemilik kendaraan. Tapi begitu si operator menekan tombol print otomatiswaktu parkir, lokasi parkir yang kosong , untuk pencarian lahan parkir/penempatanlokasi parkir, data harus terhubung dengan sebuah database yang mempunyai isi 13
  14. Rekayasa Perangkat Lunakdenah lokasi parkir bilamana tempat parkir itu kosong maka software akan meletakanatau memerintahkan agar parkir ditempat tersebut.3.5.5 Kepemindahan Atribut dari perangkat lunak yang berhubungan dengan kemudahanpemindahan perangkat lunak ke mesin dan/atau sistem operasi lain. Atribut iniberbentuk antara lain :1. Persentase komponen yang berisi kode yang bergantung pada host.2. Persentase kode yang bergantung pada host.3. Penggunaan bahasa yang kepemindahannya terbukti.4. Penggunaan suatu kompilator tertentu atau subnet bahasa tertentu.5. Penggunaan suatu sistem operasi tertentu.3.6 Batasan Perancangan Batasan spesifikasi atas keputusan-keputusan perancangan yang dituntut olehstandar lain diantaranya keterbatasan perangkat keras, dan lain-lain. Standar atauaturan yang yang digunakahan antara lain :1. Sistem operasi yang digunakan yaitu suatu software yang bisa mengolah suatu perangkat lunak, seperti : Windows 2000 server, dll.2. Bahasa pemrograman yang digunakan seperti : MySoft Professional versi 2.3 for Windows.3. Format laporan.4. Penamaan data.5. Prosedur akunting.6. Penelusuran audit, dll. 14
  15. Rekayasa Perangkat Lunak BAB IV MATRIKS KETERURUTAN Bagian ini berisi daftar seluruh kebutuhan beserta identifikasinya serta catayang direncanakan. Produk ini diterapkan dengan mendapatkan hasil dari kesesuaianantara masukan dengan keluaran. Proses masukkan dilakukan dengan caramemasukan data pertama (waktu kendaraan masuk parkir) dikurangi data kedua(wakrtu kendaraan keluar parkir) yang kemudian akan diolah oleh database sehinggamenghasilkan data jumlah tarif jasa parkir yang harus dibayar oleh pelanggan. 15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar